Proyek Pindah Ibu Kota, Kalsel Harap Punya Kereta Api






















Banjarbaru, CNN Indonesia -- Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap daerahnya mendapat jatah pembangunan transportasi publik massal dari rencana proyek pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Misalnya, jalur perkeretaapian.

Sahbirin menyampaikan masyarakat Kalimantan belum pernah mencicipi kereta api meski sudah 74 tahun merdeka.

"Harapan kita infrastruktur transportasi massal ya. Karena Kalimantan termasuk boleh dikatakan yang ketinggalan, orang di sana (Jakarta) sudah bercerita kereta cepat, kita kereta lambat juga belum," kata Sahbirin saat ditemui usai menghadiri Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (19/9) malam.

Kementerian Perhubungan sebenarnya sudah sejak lama mencanangkan perkeretaapian yang menghubungkan seluruh wilayah Kalimantan.

Namun jalur kereta api Palangka Raya-Banjarmasin sepanjang 180 kilometer itu belum terwujud hingga sekarang.

Pria yang sering dipanggil Paman Birin itu berkata sudah pernah menyampaikan harapan itu ke Presiden Joko Widodo. Pemerintah pusat juga sudah menginstruksikan wali kota dan bupati di Kalsel untuk menyiapkan lahan untuk stasiun.

Namun ia belum mendapat detail perencanaan dari pemerintah pusat. Kemungkinan besar, kata dia, skema pembiayaan seluruhnya dari APBN.

"Saya yakin akan terwujud karena yang namanya ibu kota butuh transportasi massal. Dan perkeretaapian adalah salah satu bentuk transportasi massal yang sangat dibutuhkan dengan zaman kita hari ini," ujar dia.
Sebelumnya, Presiden Jokowi mencanangkan pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan ibu kota baru bakal berada di sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan pemindahan ibu kota negara untuk mengurangi beban yang dialami DKI Jakarta dan Pulau Jawa, seperti kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan air.

"Kenapa urgent sekali? Kita tidak bisa terus menerus membiarkan beban Jakarta dan beban Pulau Jawa yang semakin berat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190920083102-20-432160/proyek-pindah-ibu-kota-kalsel-harap-punya-kereta-api
.
Share:

Kurang Lahan, Singapura Coba Bangun di Bawah Tanah






















Jakarta, CNN Indonesia -- Singapura sedang mengupayakan pembangunan di bawah tanah. Hal ini dilakukan pemerintah negara itu di tengah sulitnya mencari lahan baru di negara tersebut. Saat ini Singapura tengah berhati-hati mengelola pertumbuhan pesat yang dialami negara itu dalam beberapa dekade terakhir. Mereka berusaha menghindari masalah kepadatan dan kekacauan lalu lintas, seperti yang dihadapi kota metropolitan Asia lainnya.

Hanya saja, dengan populasi sebanyak 5,6 juta yang diperkirakan akan tumbuh dengan stagnan di tahun-tahun mendatang, pihak berwenang pun mulai mempertimbangkan cara menggunakan ruang di bawah tanah dengan lebih baik.

Menurut laporan AFP, Singapura telah membangun jalan raya bawah tanah dan sistem pendingin udara yang canggih, tetapi sekarang negara itu mencari celah untuk menampung lebih banyak fasilitas di bawah permukaan demi mengoptimalkan penggunaan lahan di atasnya.

"Kami perlu mempertimbangkan opsi untuk menempatkan infrastruktur kritis di bawah tanah," Abhineet Kaul, spesialis sektor publik yang berbasis di Singapura di konsultan Frost & Sullivan.

"Kami memiliki kebutuhan yang semakin meningkat akan lahan industri, komersial, perumahan dan hijau di Singapura," tambahnya.

Menurut rancangan rencana pengembangan yang dirilis pada Maret lalu, pihak berwenang ingin menempatkan utilitas, transportasi serta fasilitas penyimpanan dan industri di bawah tanah untuk membebaskan tanah di permukaan.

Namun, disebutkan belum ada rencana untuk menempatkan perumahan di bawah tanah.

Upaya Singapura yang ingin memanfaatkan lahan di bawah tanah ini mengikuti jejak Ibu Kota Finlandia, Helsinki. Kota tersebut memiliki terowongan tempat parkir mobil, pusat perbelanjaan dan bahkan kolam renang.

Sedangkan Montreal di Kanada memiliki "Underground City", sebuah jaringan terowongan yang menghubungkan titik-titik penting di bawah tanah.

Sebelumnya, metode ekspansi utama Singapura adalah reklamasi tanah dari laut, yang telah meningkatkan luas negara itu lebih dari seperempat menjadi 720 kilometer persegi, dengan sebagian besar pertumbuhan terjadi sejak kemerdekaan pada 1965. Namun, reklamasi menjadi lebih mahal karena perpindahan ke perairan yang lebih dalam, sementara negara-negara yang dulu menjual pasir ke Singapura telah menghentikan ekspor karena masalah lingkungan.

Fasilitas pemindahan di bawah tanah memiliki kelebihan di luar menghemat ruang, termasuk mengurangi penggunaan AC yang dapat menghemat energi di iklim tropis Singapura.

Namun, membangun bawah tanah di Singapura menimbulkan tantangan - konstruksi sulit di bawah lingkungan yang sudah urbanisasi sementara proyek-proyek baru akan bersaing untuk ruang dengan fasilitas bawah tanah yang ada.

"Konstruksi bawah tanah biasanya melibatkan peledakan batu dan jika berada di pusat kota, Anda tidak akan dapat menggunakan peledakan," kata Chu Jian, seorang profesor teknik sipil dan lingkungan di Universitas Teknologi Nanyang (NTU)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190901180521-106-426601/kurang-lahan-singapura-coba-bangun-di-bawah-tanah
Share:

Pemerintah Tambah Kursi Jabatan untuk Tenaga Kerja Asing






















Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Ketenagakerjaan menambah posisi atau jabatan yang dapat ditempati oleh tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Demikian tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu yang Dapat Diduduki oleh Tenaga Kerja Asing.

Aturan baru tersebut mencabut sejumlah aturan pendahulunya terkait jabatan tertentu yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing. Beleid ini ditandatangani dan ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada 27 Agustus 2019 lalu.

"Setelah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan TKA, Keputusan Menteri Ketenagakerjaan yang mengatur mengenai jabatan yang dapat diduduki oleh TKA sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan ketenagakerjaan sehingga perlu disempurnakan," tutur Hanif dalam pertimbangan Kepmenaker 228/2019, dikutip Rabu (4/9).

Dalam lampiran tersebut, pemerintah membagi pekerjaan yang bisa ditempati pekerja asing menjadi 18 kategori besar, mulai dari kategori konstruksi, aktivitas profesional, ilmiah, hingga teknis.

Demikian pula untuk golongan pokok industri minuman, yaitu dari 40 pos yang diatur Kepmenaker 354 Tahun 2013 menjadi 31 pos jabatan.Hal yang sama juga terjadi pada bidang pendidikan. Saat ini, tersedia 143 pos pekerjaan bagi TKA, mulai dari guru SD, dosen, guru bahasa, hingga guru anak berkebutuhan khusus. Padahal, aturan sebelumnya, Kepmenakertrans 462 Tahun 2012 hanya terdapat 115 pos pekerjaan.Untuk kategori pertambangan dan penggalian golongan pokok pertambangan minyak bumi dan gas alam memiliki pos jabatan untuk orang asing terbanyak dengan 482 pos jabatan.

Nah, jika dibandingkan dengan aturan pendahulunya, sejumlah pos pekerjaan yang kini bisa diduduki oleh TKA menjadi lebih luas. Sebagai contoh, untuk kategori konstruksi. Dalam aturan baru, terdapat 181 pos pekerjaan. Sementara, pada aturan pendahulunya, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) Nomor 247/MEN/X/2011, hanya terdapat 66 pos jabatan pekerja asing di bidang konstruksi.

Jika dilihat, aturan baru ini lebih rinci dalam soal posisi jabatan sesuai kekhususannya. Untuk posisi manajer di bidang konstruksi saja terdapat 34 pos termasuk di dalamnya manajer pengerukan, manajer pemeliharaan hingga manajer logistik.

Di aturan sebelumnya, hanya terdapat 8 pos manajer di bidang konstruksi, yaitu manajer proyek, logistik, operasional, pembelian, keuangan, teknik, pengendalian kualitas, dan konstruksi sipil.

Hal serupa juga terjadi untuk kategori industri pengolahan golongan pokok industri bahan kimia dan barang dari kimia. Dalam Kepmenaker 228/2019 terdapat 33 pos pekerjaan. Dalam aturan pendahulunya Kepmenakertrans Nomor 463 Tahun 2012 terdapat 14 pos pekerjaan.

Kendati demikian, terdapat kategori pekerjaan yang justru mempersempit kesempatan orang asing bekerja di Indonesia. Misal, kategori industri pengolahan subgolongan industri alas kaki.

Sebelumnya, dalam Kepmenaker Nomor 15 Tahun 2015 tentang Jabatan yang Dapat Diduduki oleh TKA pada Kategori Industri Pengolahan, Subgolongan Industri Alas Kaki terdapat 46 pos jabatan. Namun, dalam Kepmenaker 228/2019, pos jabatan yang tersedia industri alas kaki hanya 40 jabatan.

Selanjutnya, dalam diktum kedua Kepmenaker 228/2019, Hanif mengizinkan posisi jabatan komisaris atau direktur yang tidak mengurus personalia diduduki oleh TKA, selama tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sesuai diktum ketiga, apabila pos jabatan TKA tidak tercantum dalam lampiran Kepmenaker 228/2019, maka menteri atau pejabat yang ditunjuk dapat memberikan izin.

Pada diktum keempat, pemerintah juga mengatur jabatan yang dapat diduduki oleh TKA dan persyaratan jabatan dievaluasi paling singkat 2 tahun atau sewaktu-waktu apabila diperlukan.

"Pada saat Keputusan Menteri ini (Kepmenaker 228/2019) mulai berlaku, izin mempekerjakan TKA yang dimiliki oleh pemberi kerja dinyatakan tetap berlaku sampai dengan habis masa berlakunya," tutur Hanif seperti dikutip dalam diktum kelima Kepmenaker 228/2019

Sumber :  https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190904091701-532-427346/pemerintah-tambah-kursi-jabatan-untuk-tenaga-kerja-asing
Share:

Asuransi Lirik Portofolio Investasi di Proyek Infrastruktur






















Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menyatakan industri asuransi jiwa tengah melirik peningkatan portofolio investasi pada proyek infrastruktur pemerintah. Sebab, hal ini sesuai dengan karakteristik penempatan dana asuransi jiwa yang kerap ditaruh di instrumen investasi jangka panjang.

Hanya saja, Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon mengatakan sejauh ini instrumen investasi yang memfasilitasi kebutuhan itu masih terbatas di pasar modal. Terlebih, mayoritas instrumen investasi tersebut terbilang jangka menengah yakni di rentang 7-15 tahun.

"Kami melihat pemerintah sedang gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur di banyak tempat. Kami melihat bahwa seharusnya asuransi jiwa bisa ambil peran lebih," katanya, Rabu (11/9).

Ia menilai kontribusi industri asuransi jiwa kepada pendanaan proyek infrastruktur bakal memberikan keuntungan yang bejibun bagi pemerintah.

Ia beralasan, selama ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat penugasan proyek infrastruktur kerap memperoleh pendanaan dari perbankan. Namun, perbankan biasanya menawarkan bunga pinjaman di kisaran dua digit.

Jika BUMN mau menghimpun pendanaan infrastruktur di pasar modal, misalnya obligasi dengan tingkat kupon satu digit, maka perusahaan asuransi akan sangat tertarik menempatkan dananya ke sana. Dengan demikian, BUMN berkesempatan mendapatkan pendanaan yang lebih murah.

"Yang ingin kami bilang, rasanya single digit saja misalnya 9 persen saja masih sangat menarik bagi perusahaan asuransi jiwa," imbuhnya.

Agar perusahaan investasi tertarik ke pendanaan infrastruktur, Budi meminta pemerintah untuk memberikan insentif dalam bentuk penurunan pajak untuk obligasi. Meski, pada bulan lalu, pemerintah telah memangkas Pajak Penghasilan (PPh) atas bunga obligasi dari semula 15 persen menjadi 5 persen melalui Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Pajak Penghasilan atas Bunga Obligasi.
Tak hanya itu, asosiasi mengusulkan insentif pajak dalam bentuk penurunan PPh untuk pembayaran premi asuransi jiwa. Jika itu dikabulkan, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk membeli produk asuransi. Ujung-ujungnya, himpunan dana untuk investasi akan semakin menggunung.

Namun, ia belum bisa mengusulkan besaran insentif pajak yang diinginkan. Sebab, hal itu masih dikaji oleh tim yang bertugas menyusun usulan-usulan tersebut.

"Jadi dana masyarakat yang terkumpul lebih banyak. Hari ini saja, total aset kami sudah mencapai Rp550 triliun, kalau lebih tinggi maka sumber dana infrastruktur makin besar. Jadi kami bisa turut membantu pemerintah," katanya.

Pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp419,2 triliun untuk pembangunan infrastruktur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Angka tersebut naik 4,9 persen dari anggaran infrastruktur 2019 sebesar Rp399,7 triliun

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190911173919-78-429581/asuransi-lirik-portofolio-investasi-di-proyek-infrastruktur
.
Share:

Persatuan Insinyur Sarankan Ibu Kota Baru Dirancang Matang






















Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Heru Dewanto mengaku sepakat dengan rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

Heru menyarankan pemerintah untuk membangun ibu kota baru dengan perencanaan yang baik sehingga tak sama dengan tantangan yang dihadapi Jakarta.

Menurut Heru, pelaksanaan pembangunan di Jakarta tidak mengikuti tata kelola yang baik. Ia pun berharap perencanaan tata kota untuk ibu kota baru harus lebih baik. Kedepan, Heru juga berharap ibu kota baru akan menjadi 'City of the future brand of Indonesia'.

"Kami juga memastikan bahwa ibu kota negara yang baru nanti menjadi ibu kota yang cerdas, smart city, efisien. Kemudian juga nyaman jangan sampai perencaan kota nanti itu berubah-berubah karena kekuatan ekonomi yang lain," ujarnya di Jakarta.


Lebih lanjut, Heru mengatakan pembangunan ibu kota negara baru harus sudah memikirkan penyediakan infrastruktur dan transportasi di berbagai lini, baik di laut, darat maupun udara. Selain transportasi, pemerintah juga perlu merancang infrastruktur di bidang telekomunikasi, pengadaan air bersih, dan penataan limbah sebaik mungkin.

"Untuk itu prinsip 3 R harus dipegang reliable (handal), robust (kuat kokoh), resilient (tahan, kalau terjadi sesuatu yang luar biasa gempa atau apa itu masih bisa diatasi. 3 R adalah prinsip-prinsip didalam pembanguna infrastruktur kedepan," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menetapkan ibu kota baru akan berada di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Tepatnya berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku Semoi.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190912173743-532-430014/persatuan-insinyur-sarankan-ibu-kota-baru-dirancang-matang
Share:

Infrastruktur Ramah Lingkungan Jadi Syarat Ekowisata






















Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menggebu untuk memenuhi target 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019, sektor pariwisata Indonesia akan mengarah ke pariwisata berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan oleh Kementerian Pariwisata di beberapa kesempatan, termasuk dalam Rapat Kerja Nasional III.

Untuk mewujudkannya, pengamat burung sekaligus fotografer satwa liar menilai pembangunan infrastruktur yang ramah terhadap lingkungan perlu dikembangkan untuk menjaga kelestarian hutan, khususnya di Papua.

"Di Raja Ampat sendiri, dari pada udara, lebih baik optimalisasi laut," kata Ady Kristanto seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (13/9).


Ia menambahkan pembangunan infrastruktur yang ada saat ini sebenarnya cukup baik. Namun ia meminta agar pembangunan infrastruktur ke depan lebih berorientasi pada infrastruktur yang ramah lingkungan.
"Misalnya pembangunan bandara. Kita lihat dulu apakah ini dibangun melewati cagar alam atau tidak," ujarnya.

"Kalau kasus di Waigio dia kan sudah membelah cagar alam."

Kemudian untuk pembangunan infrastruktur di Raja Ampat pemerintah bisa mengoptimalkan jalur laut dalam upaya mendorong pariwisata di sana.
Hal ini, ia melnajutkan, sama halnya dengan perlunya pemetaan pembangunan infrastruktur di Pulau Misool, Papua.

"Untuk ke Misool, ngapain bangun bandara di sana? Kapal-kapal juga menarik kok," tegasnya.

Dia berharap pemerintah bisa melakukan kajian terlebih dahulu sehingga pembangunan infrastruktur tidak mengganggu habitat dan keanekaragaman hayati di Papua.

"Takutnya malah gara-gara pembangunan bandara, burung-burung jadi kabur. Wisatawan mau lihat apa?" ujarnya
.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190913113259-269-430177/infrastruktur-ramah-lingkungan-jadi-syarat-ekowisata
Share:

Jepang Bangun Stasiun Kereta Baru demi Olimpiade Tokyo


Jakarta, CNN Indonesia -- Ibu kota Jepang, Tokyo, bersiap menjadi tuan rumah dua ajang olahraga internasional, Piala Dunia Rugby 2019 dan Olimpiade Musim Panas 2020. Keramaian turis sudah pasti harus diantisipasi saat datang ke sini di masa tersebut.

Sepanjang tahun 2013 sampai 2018, sebanyak 31 juta turis mancanegara datang ke Jepang setiap tahunnya. Sebanyak 10 juta turis mancanegara berkunjung ke Tokyo. Diperkirakan pada tahun 2020, sebanyak 40 juta turis mancanegara memenuhi ibu kota Jepang itu.

Piala Dunia Rugby 2019 berlangsung mulai 20 September 2019 di Tokyo Stadium. Diperkirakan 600 ribu penggemar rugby dari seluruh dunia akan datang selama ajang olahraga ini berlangsung.


Salah satu antisipasi Jepang ialah menghadirkan 13 ribu pemandu wisata berbahasa Inggris selama gelaran tersebut berlangsung.

Tokyo Stadium sendiri berada sekitar 18 kilometer di sebelah barat dari tengah kota, meskipun ada dua zona nobar di Tokyo Sports Square dan Chofu Station Square atau Chofu City Green Hall.

Efek olimpiade :

Pemerintah Jepang mengharapkan Olimpiade Musim Panas 2020 membawa sekitar 10 juta pengunjung tambahan ke negara itu pada tahun 2020.

Tokyo bersiap menghadapi hal tersebut. Awal tahun ini, sang gubernur, Yuriko Koike, mengatakan kepada media bahwa kotanya siap menghadapi "perubahan dramatis."

"Mulai tahun ini kami mempersiapkan Tokyo agar semakin sukses dan siap menghadapi olimpide. Tokyo akan menjadi kota yang baru," kata Koike, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Rabu (18/9).

Perkembangan besar sekarang sedang berlangsung, termasuk Takanawa Gateway - stasiun baru pertama yang dibangun di jalur kereta utama Tokyo, JR Yamanote yang beroperasi sejak 1971 - yang akan dibuka tahun depan.

Stasiun Takanawa Gateway dibangun dengan atap baja dan kaca yang terinspirasi oleh origami tradisional Jepang.

Stasiun ini terletak di antara Stasiun Tamachi dan Shinagawa serta dirancang oleh arsitek Kengo Kuma, yang juga berada di belakang rancangan New National Stadium yang sedang dibangun untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Daerah di sekitar Stasiun Shibuya juga sedang diubah sebagai bagian dari perubahan besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir untuk menjadikannya pusat hiburan, transportasi, dan bisnis.

Perubahan itu termasuk Shibuya Scramble Square, gedung pencakar langit serba guna setinggi 230 meter yang terletak tepat di atas Stasiun Shibuya, dengan dek observasi indoor dan outdoor. Gedung itu akan dibuka untuk bisnis pada 1 November 2019.

Renovasi lain yang ditunggu-tunggu di Shibuya adalah Museum Meiji Jingu - juga oleh Kengo Kuma.

Museum itu akan kembali dibuka pada akhir Oktober, berada di sebelah Taman Yoyogi yang teduh dan rindang.

Pembangunan lain termasuk jangkauan WiFi gratis yang lebih luas tidak hanya di Tokyo tetapi di seluruh negeri - termasuk 108 stasiun "kereta peluru" Shinkansen.

Untuk membantu hambatan bahasa saat turis wisata kuliner, pemerintah Tokyo telah meluncurkan situs berisi daftar restoran dengan menu multibahasa.

Lokasi Stadion :

Sebanyak 30 pertandingan olimpiade akan berlangsung di 43 tempat, dengan New National Stadium sebagai pusatnya.

New National Stadium berada di sebelah stadion yang menjadi lokasi Olimpiade 1964, hanya beberapa kilometer dari daerah kota yang populer dengan turis mancanegara seperti Shibuya, Shinjuku, Ginza, dan Roppongi.

Selain itu 10 lokasi publik, termasuk taman Yoyogi dan Hibiya, akan menyiarkan nobar. Sementara kelompok 80 ribu sukarelawan berbahasa Inggris - akan memandu pengunjung.

Kawasan Tokyo Bay nantinya juga digunakan sebagai lokasi olimpiade dan paralimpiade.

Tokyo Bay akan menjadi tuan rumah 17 tempat olahraga dan lokasi Desa Olimpiade, di mana robot juga akan dikerahkan sebagai petugas informasi.

Menurut perusahaan layanan real estate CBRE, 30 ribu kamar hotel tambahan akan tersedia di Tokyo pada tahun 2020, sehingga totalnya menjadi sekitar 120 ribu.

Di antara yang paling dinanti adalah Hotel Okura Tokyo, yang baru saja dibuka kembali setelah renovasi besar-besaran yang dimulai pada 2015.

Bangunan utama Hotel Okura Tokyo yang asli dibuka pada tahun 1962 dan dengan cepat menjadi favorit turis mancanegara dengan menawarkan perpaduan budaya tradisional Jepang dengan layanan kelas dunia.

Setelah empat tahun pembangunan kembali, Hotel Okura Tokyo telah dibuka kembali dan menawarkan 508 kamar mewah di dua bangunan.

Namun, lebih banyak kamar dibutuhkan untuk mengatasi serbuan turis mancanegara yang ingin menonton olimpiade. Oleh karena itu lebih baik memesan kamar dari sekarang.

Tekanan lain diprediksi, baik untuk pengunjung dan penduduk setempat.

Sementara sebagian besar penunjuk jalan di stasiun dan transportasi umum di ibu kota sudah dalam bahasa Jepang dan Inggris, serbuan turis mancanegara yang ingin menonton olimpiade akan memberi tekanan lebih pada infrastruktur kota, terutama kereta.

Tapi langkah-langkah antisipasi sedang direncanakan sehingga penonton olimpiade dan pekerja kantoran tidak membuat perjalanan satu sama lain menjadi lebih sulit.

Sebagai contoh, satu inisiatif yang sedang berlangsung adalah mendorong perusahaan memangkas durasi kerja dan mengizinkan bekerja di luar kantor - sebuah konsep yang masih sulit dicerna dalam budaya kerja Jepang yang kaku di mana karyawan wajib datang ke kantor.

Tak perlu khawatir : 

Terlepas dari potensi gangguan, banyak orang seperti supir taksi Masaru Okano, sangat menantikan Tokyo untuk menjadi tuan rumah acara-acara besar.

Pria berusia 69 tahun ini telah belajar bahasa Inggris, dan beberapa orang Korea, selama beberapa tahun terakhir untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada semakin banyak pengunjung asing yang ia temukan di dalam kabinnya.

"Ketika saya memberi mereka tumpangan, saya selalu bertanya dari mana mereka berasal dan saya mencoba menyapa mereka dalam bahasa mereka," katanya.

"Didatangi banyak pengunjung asing setiap tahun membuat orang-orang di Jepang menjadi lebih ramah kepada pendatang. Kami lebih mengerti bahasa Inggris dasar. Plus ada aplikasi bahasa di ponsel. Tidak perlu khawatir. Olimpiade mungkin menyebabkan masalah lalu lintas untuk jalan dan transportasi umum, tetapi semuanya akan baik-baik saja. "

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190918144409-269-431593/jepang-bangun-stasiun-kereta-baru-demi-olimpiade-tokyo

Share:

Recent Posts